Skip to main content

Contoh Skripsi: Pelaksanaan Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Wawasan Kebangsaan Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Berbah Sleman Tahun Pelajaran 2010/2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam terdiri dari banyak sekali suku, ras, adat istiadat, bahasa, budaya, agama dan kepercayaan. Fenomena tersebut, bersama-sama sanggup menjadi modal yang berpengaruh apabila diolah dengan integritas bangsa yang tinggi, hal mana bangsa Indonesia tidak hanya sanggup membangun dirinya untuk menjadi suatu bangsa yang utuh, tetapi juga layak untuk memperoleh daerah sebagai bab dari dunia internasional, yang sanggup hidup berdampingan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Salah satu perjuangan yang bisa mencapai tujuan tersebut, ialah melalui pendidikan formal. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa:
“Pendidikan nasional berfungsi membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik biar menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”(RI, 2003: 7).
Permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia ketika ini ialah berlangsungnya pendidikan yang kurang bermakna bagi pembentukan wawasan kebangsaan siswa, yang berakibat merosotnya kualitas kepribadian dan kesadaran akan makna dari kehidupan. Jika hal itu diabaikan, maka menurunnya wawasan kebangsaan siswa pada masa mendatang merupakan suatu hal yang tidak sanggup dibendung lagi oleh siapa pun.
Sebenarnya, menurunnya wawasan kebangsaan dikalangan siswa telah banyak dirasakan oleh masyarakat, maupun kalangan pendidikan itu sendiri. Berkaitan dengan kenyataan itu, pendidikan kewarganegaraan juga harus sanggup menumbuhkan jiwa patriotik, mempertebal rasa cinta tanah air (nasionalisme), dan meningkatkan wawasan kebangsaan siswa. Widjaya yang dikutip oleh Masoer dkk. (2002: 97) menyatakan bahwa:
“Wawasan kebangsaan ialah cara pandang yang dilingkupi oleh rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan untuk mencapai impian nasionalnya dan membuatkan eksistensi kehidupannya atas dasar nilai-nilai luhur bangsa. Implementasi dan akualisasinya dari banyak sekali hal yang bersahabat kaitannya dengan pemikiran yang menyangkut aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, aturan dan hankam, untuk membawa bangsa kearah kehidupan yang lebih maju dan lebih baik, sesuai dengan janji kebangsaan itulah yang disebut wawasan kebangsaan”
Menurut pendapat Fadjar (2005: 70) pendidikan sanggup dikatakan sebagai “wahana utama untuk memelihara serta menumbuhkan semangat kebangsaan itu, alasannya ialah pranata dan institusi pendidikan pada hakekatnya merupakan kekuatan pembangkitan gerakan tabiat semangat kebangsaan”. Adanya pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dibutuhkan sanggup memberi andil bagi pembentukan wawasan kebangsaan, pendidikan kewarganegaraan sanggup membentuk warga negara yang baik, yakni warga negara yang sanggup melaksanakan hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

B.     Identifikasi Masalah
Pendidikan sebagai proses investasi sumber daya insan dan moral social merupakan proses yang tidak mengenal akhir. Selama ini, bangsa Indonesia terus berupaya membenahi pendidikan nasional, yaitu pendidikan yang tumbuh dan berkembang di atas landasan kebudayaan nasional. Masyarakat, bangsa, dan negara yang kokoh dan berpengaruh ikatan nasionalnya itu hanya mungkin terbentuk apabila terbangun dan dikembangkan atas dasar pendidikan pula. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 perihal sistem pendidikan nasional, mewajibkan pendidikan kewarganegaraan diajarkan di setiap jenjang pendidikan, begitu juga di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah diajarkan pendidikan kewarganegaraan.
Pembentukan wawasan kebangsaan intinya sanggup dipengaruhi oleh banyak faktor yang sangat terkait baik yang berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun dari luar diri siswa (eksternal). Pada hakekatnya tidak ada faktor tunggal yang secara otomatis mensugesti pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa. Faktor-faktor yang dimaksud secara lebih nyata misalnya: akitivitas siswa dalam membaca buku pendidikan kewarganegaraan, sarana prasarana, eksistensi guru sebagai perantara dalam proses pembelajaran, pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dan lain sebagainya.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

C.    Pembatasan Masalah
Suatu penelitian biar tidak terjadi kesalpahaman yang terlalu jauh haruslah ditentukan pembatasan persoalan penelitian. Adapun pembatasan persoalan dalam penelitian ini antara lain:
1.      Objek Penelitian
Yang menjadi objek penelitian ini ialah pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Subjek Penelitian
Yang menjadi subjek penelitian ini ialah guru pendidikan kewarganegaraan kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

D.    Perumusan Masalah
Untuk memperoleh hasil yang baik dari suatu pemecahan masalah, haruslah ada kejelasan dari persoalan itu sendiri. Kejelasan yang dimaksud sanggup diwujudkan yang dalam istilah ilmiyahnya disebut problematik. Masalah pokok yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:
1.      Bagaimana pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?
2.      Bagaimana realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?
3.      Faktor-faktor apakah yang mensugesti upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?

E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini ialah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya untuk pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Untuk mengetahui realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
3.      Untuk mengetahui faktor-faktor yang mensugesti upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

F.     Manfaat atau Kegunaan Penelitian
1.      Manfaat atau Kegunaan Teoristis
a.       Menemukan citra yang kongkret perihal pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya untuk pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
b.      Menemukan citra yang kongkret perihal realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
c.       Menemukan citra yang nyata perihal faktor-faktor yang mensugesti upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Manfaat atau Kegunaan Praktis
a.       Memberi masukan yang berkhasiat kepada para guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan, dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan di kalangan siswa.
b.      Memberi masukan penting kepada para pemimpin sekolah, guru pendidikan kewarganegaraan dan juga para siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan yang berwawasan masa depan.



Popular posts from this blog

Rencana-Rencana Atau Het Plan

Sebagaimana kita ketahui bahwa negara Indonesia yaitu suatu organisasi yang mempunyai tujuan. Tujuan negara Indonesia tersebut termuat dalam alinea keempat Undang-Undang Dasar 1945, yang menyiratkan bahwa negara Indonesia yaitu negara h u kum yang menganut welfare state . Sebagai suatu negara h u kum yang bertujuan untuk mensejahterakan warganya, setiap kegiatan pemerintah di samping harus diorientasikan pada tujuan yang hendak dicapai juga harus menjadikan h u kum yang berlaku sebagai aturan dan pola dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Oleh lantaran itu aturan harus menjadi pengarah dalam membangun untuk membentuk masyarakat yang hendak dicapai sesuai dengan tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemerintah yang merupakan bab dari organisasi negara menjalankan kegiatannya untuk mencapai tujuan negara dengan mengacu pada aturan manajemen negara sebagai aturan acara pemerintahan dan memfungsikannya sebagai pengarah pencapaian tujuan yang sebelumnya telah ...

Perbandingan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Perihal Pemerintah Daerah

BAB I PENDAHULUAN Undang-undang akan selalu berubah mengikuti zaman. Hal ini dikarenakan tidak semua pasal dalam undang-undang pas atau sesuai untuk diterapkan disepanjang zaman. Demikian juga dengan undang-undang perihal Pemerintahan Daerah. Dulu undang-undang yang dipakai ialah UU No. 5 tahun 1974, kemudian seiring berjalannya waktu diganti menjadi UU No. 22 tahun 1999. dan yang terakhir dipakai kini ialah UU No. 32 tahun 2004. Sebelum UU No.5 digunakan, terlebih dahulu ada UU No.18 tahun 1965. Mengenai Pemerintahan Daerah, diatur dalam Pasal 18 Undang-Undang Dasar 1945 yang selengkapnya berbunyi: “Pembagian Daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil dengan bentuk susunan pamerintahannya ditetapkan dengan UU dengan memandang dan mengingati dasar permusyawaratan dalam sistem Pemerintahan Negara, dan hak-hak asal-usul dalam Daerah-Daerah yang bersifat istimewa ” Dari ketentuan pasal tersebut sanggup ditarik kesimpulan sebagai berikut: Wilayah Indonesia dibagi ke ...

New Jersey Home Away Inter 2012 - 2013

New Jersey Home Away Inter 2012 - 2013  Jersey Home  Jersey Away Sumber foto: inter.it