a. Pengertian Metode Mengajar
Metode mengajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran, kegiatan yang menghasilkan interaksi unsur - unsur manusiawi yaitu sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Winarno Surakhmad (2002: 148) metode mengajar yaitu cara – cara pelaksanaan dari proses suatu pengajaran, atau sebagaimana teknisnya suatu materi pelajaran di berikan kepada siswa- siswa di sekolah. Metode mengajar yaitu cara yang digunakan guru dalam mengadakan kekerabatan dengan siswa pada ketika belangsungnya pengajaran (Nana Sudjana, 1987:76).
Metode mengajar yaitu teknik penyajian yang dipakai oleh guru untuk mengajar atau menyajikan materi pelajaran kepada siswa di kelas semoga pelajaran tersebut ditangkap, dipahami, dan dipakai oleh siswa dengan baik. Metode mengajar untuk menyapaikan info kepada siswa akan berbeda dengan cara – cara yang memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan dan perilaku (Roes N.K dan Yumiati Suharto, 2001:1).
Menjadi guru yang kreatif, profesional dan menyenangkan dituntut untuk mempunyai kemampuan menyebarkan pendekatan dan menentukan metode pembelajaran yang efektif, hal ini penting terutama untuk membuat iklim pembelajaran yang aman dan menyenangkan. Cara guru melaksanakan suatu kegaiatan pembelajaran mungkin memerlukan pendekatan dan metode yang berbeda dengan pembelajaran lainnya.
Berdasarkan definisi di atas maka sanggup disimpulkan bahwa metode mengajar yaitu cara – cara yang dipakai dalam proses pengajaran di kelas sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang optimal, penggunaan metode mengajar harus diubahsuaikan dengan dengan konteks berguru dan tujuan yang akan dicapai. Metode mengajar guru merupakan cara untuk melaksanakan acara yang sistematis dari sebuah lingkungan yang terdiri dari guru dan siswa untuk saling berinteraksi dalam melaksanakan suatu kegiatan sehingga proses kegiatan berguru mengajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai. Peran guru di kelas sebagai implikasi dari proses pembelajaran yang optimal yaitu sebagai fasilitator yang bisa menyebarkan kemampuan berguru anak. Dengan kata lain guru harus menguasai banyak sekali metode mengajar untuk memberikan materi pelajaran bagi siswa.
b. Jenis – Jenis Metode Mengajar
Begitu banyak metode mengajar yang sanggup dipakai dalam proses pembelajaran. Syaiful Bahri Djamara dan Aswan Zain (2006: 83-98), menyebutkan macam – macam metode mengajar antara lain: metode proyek, metode eksperimen, metode kiprah dan resitasi, metode diskusi, metode demontrasi, metode Problem Solving, metode karyawisata, metode tanya jawab, metode latihan, metode ceramah, metode studi kasus.
c. Manfaat Metode Mengajar
Dalam mengajar suatu pokok bahasan (materi) tertentu harus dipilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Oleh sebab itu dalam menentukan suatu metode pembelajaran harus mempunyai beberapa pertimbangan contohnya materi pembelajaran, tingkat perkembangan kongnitif siswa, dan target atau akomodasi yang tersedia, sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sanggup tercapai.
Dalam proses berguru mengajar, metode mengajar mempunyai manfaat yang besar. Prestasi berguru siswa akan ditentukan oleh penggunaan metode yang sempurna yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. dengan tercapainya tujuan pembelajaran, maka akan sanggup dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan suatu pembelajaran akan sanggup diketahui sehabis diadakan penilaian yang sesuai dengan rumusan pembelajaran.
Daftar Pustaka
Nana Sudjana.(1987). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : CV. Sinar Baru
Roes N.K dan Yumiati Suharto, (2001.) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara
Syaiful Bahri Djamara dan Drs Aswan Zain . (2006) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta
Winarto Surakhmad. (2006). Pengantar Interaksi Belajar. Bandung : Tarsito
Semoga Bermanfaat
